shutdown otomatis??? why not

Pernahkah anda mengalami saat-saat mengerjakan tugas, atau sedang mengerjakan seseuatu yang langsung dikerjakan di komputer atau laptop? Dan pernahkah anda mengerjakannya pada saat tubuh lelah? dan sangat mengantuk? Atau mungkin bila anda hanya bisa tertidur apabila mendengarkan musik lyang di mainkan langsung dari komputer??
Namun, apabila semua yang di atas di kerjakan, dan ternyata anda tertidur tapi lupa untuk mematikan komputer atau laptop (dengan dalih takut boros listrik)?

Kini anda jangan khawatir, kita bisa mematikan, shutdown, turn off komputer ataupun laptop kita dengan otomatis. Perlu software khusus? Ya, ada.. namun penginstallannya yang ribet, belum lagi pencarian software yang sayapun belum begitu mengetahui nama program tersebut. heehehe…

Tanpa Software, atau program tetek bengek yang mungkin kita juga pasti khawatir apabila dalam program tersebut terdapat trojan, virus, malware, ataupun beberapa program2 jahat yang mungkin pula di susupi dalam software tersebut. Dan akan menginfeksi komputer kita. YA… BISA…!!!

Kita hanya perlu command Prompt (udah bawaan windows) tinggal masuk aja lewat “start > All Program > Accesories > cmd”

Atau bisa juga lewat “start > run > (ketik) “cmd” (tanpa petik) > enter”

Dan setelah CMD terbuka, kita hanya perlu menuliskan beberapa command (perintah) untuk mematikan komputer. (bisa dengan waktu pula)
di CMD ketik “shutdown -s -t 30 -f”

(dalam perintah di atas, saya memerintahkan CMD untuk “shutdown”

Perintah “-s” (perintah turnoff, mematikan), dapat pula di ganti dengan “-r” (restart).

Perintah “-t 30” (untuk menentukan kapan waktu komputer mati, dalam second/detik) jika di atas saya menulis “-t 30”, setelah semua peintah di ketik dan di tekan enter, maka mulailah hitung mundur berjalan (waktu bisa di sesuaikan kondisi).

Perintah “-f” (perintah ini untuk mengakhiri semua aplikasi yang sedang berjalan tanpa kompromi, namun hati-hati, apabila anda belum mengsave file, atau tulisan yang anda ketik, biasanya langsung mati, tanpa save terlebih dahulu).

Perintah terakhir yang saya berikan adalah perintah untuk menghentikan semua perintah shutdown di atas, apabila kita merasa bahwa misalnya masih perlu menghidupkan komputer namun perintah shutdown di atas msih berjalan dapat pula kita hentikan dengan cukum mengetik perintah “shutdown -a” di CMD.

Sekian tips dan sharing saya mengenai pengetahuan dalam komputer…
Wassalamualaikum Wr.Wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: